Tuesday, February 27, 2007

GM Indonesia berpeluang salip Thailand

oleh : Ahmad Muhibuddin, Bisnis Indonesia

JAKARTA: PT General Motor Indonesia (GMI) berpeluang mengambil alih peran General Motor Thailand sebagai basis produksi produsen otomotif Amerika Serikat di Asia Tenggara menyusul kebijakan ekonomi yang tidak kondusif di Negeri Gajah Putih tersebut.


Direktur PT GMI Arif Pramadana mengatakan sebagai negara dengan potensi pasar mobil terbesar di kawasan Asean, Indonesia merupakan salah satu negara yang dilirik oleh raksasa otomotif dari Negeri Paman Sam, GM.
Dia mengakui pasar produk GM yang menggunakan merek Chevrolet di Indonesia saat ini belum terlalu kuat. Namun pihaknya mulai tahun ini akan memfokuskan diri pada penguatan brand dan produk, perbaikan layanan purna jual dan perluasan jaringan penjualan, serta optimalisasi sumber daya manusia.

"Kami memang belum besar di sini, tapi kami punya komitmen berinvestasi di Indonesia. Jadi tidak tertutup kemungkinan, GM Indonesia mengambil alih GM Thailand untuk menjadi basis produksi GM di Asean. Kapan waktunya, kami belum tahu," katanya, kepada Bisnis. Pemerintahan Thailand yang didukung oleh kekuatan militer setempat telah menerapkan kebijakan pengendalian mata uang serta peraturan perundangan baru yang membatasi kepemilikan asing sehingga mempengaruhi kepercayaan investor. (tw)

Bisnis Indonesia

No comments: