Otomotif, 25 Desember 2006
Prinsip kerja CR (Common Rail) sebenarnya mirip dengan mesin bensin yang sudah mengusung sistem fuel injection. Penyemprotan bahan bakarnya diatur secara electronic dengan perantara ECU (electronic control unity atau bisa dibilang komputer.
Di CR mempunyai satu pompa yang diatur oleh solenoid valve untuk menyalurkan solar ke setiap silinder.
Tekanan penyernprotannya pun sangat tinggi (± 1.800 bar). Begitupun komponen-komponen seperti injektor di CR didesain lebih akurat ketimbang injector konvensional. "Sehingga membutuhkan bahan bakar spek tinggi," tegas Aloysius Oentoro, general manager parts & service PT Multi France Motor, ATPM Peugeot.
Jadi jika kualitas solar jelek atau
Memang, sebagai tahap awal solar sudah disaring oleh filter solar. Namun jika dibiarkan atau jarang dicek saringanya itu tak tertutup kemungkinan bisa menjalar ke injektor dan komponen lain. "Filter solar lebih cepat
Lebih lanjutnya, pengendara akan merasakan tenaga mesin yang kurang maksimal. Lebih detailnya, "Kemungkinan mesin jadi pincang atau mbrebet," imbuh Dendy.
Memang sangat disayangkan, saat pemerintah sedang mengikrarkan efisiensi pemakaian bahan bakar namun
Nah, efisiensi
Bukan begitu, Bos?
· Pi
No comments:
Post a Comment