Friday, June 30, 2006

GM Daewo Tuntut Chery Auto

GM Daewo Tuntut Chery Auto
Jumat, 13 Mei 2005

PERUSAHAAN mobil raksasa AS, GM (General Motor) pemilik GM Daewo (Korea) secara resmi awal pekan ini (9/5) mengajukan tuntutan pada perusahaan industri mobil Cina, Chery Automobile di pengadilan Beijing, ibu kota RRC atas tuduhan penjiplakan mobil Daewo Matiz dan Chevrolet Spark oleh Chery Automobile dengan nama Chery QQ yang dilakukan tahun 2004 lalu. GM Daewo menurut Fox News menuntut Chery Auto membayar ganti rugi sebesar 6 juta dolar AS (50.000 yuan) atas penjiplakan secara keseluruhan bentuk luar dan dalam Chery QQ yang ibarat fotokopi Daewo Matiz dan Chevrolet Spark. Menurut Jubir GM Daewo, hampir 80% komponen Chery QQ bisa dipasang di Daewo Matiz.

(bk/fox news) ***


Foto

MENCOBA BAHAN BAKAR PENGUNDANG LAPAR

Preview Jatropha Expedition
(Majalah "Otomotif")

Kok, seperti bau gorengan? Wah, kalau begini sih, seperti bau ikan asin! Begitulah komentar orang-orang yang sempat mencium asap yang keluar dari knalpot Mitsubishi L200 Strada yang berbahan bakar minyak dari biji Jarak (Jatropha Curcas), pada Inter­city Trial, Jakarta-Bandung-Jakarta hari Kamis, (22/6) lalu. OTOMOTIF menjajal kendaraan berbahan bakar pengundang lapar ini.


TES AKSELERASI

Sebenarnya Intercity Trial ini me­rupakan langkah awal dari ekspedisi yang akan dilakukan pada tanggal pada mesin diesel stasioner (generator) dan traktor (low speed engine), kali ini akan dicoba pada mesin mobil yang putarannya cukup tinggi. Langsung pada tunggangan dengan bahan bakar 100% minyak jarak, OTOMOTIF sempat melakukan pengujian 'kecil-kecilan' dengan membejek pedal gas di lintasan tol Cipularang. Terasa, ada perbedaan pada putaran menengahnya, tarikan lebih enteng ketika putaran mesin berada di kisaran 2.500-3.200 rpm. Ternyata memang, hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji di dynamometer yang menghasilkan grafik dengan bandwidth tenaga maupun torsi lebih besar di putaran segitu. Padahal, mesin tak perlu dilakukan perubahan, kecuali menamBAHKAN bahkan tangki untuk Jatropha serta konverter dan mikrokomputer

Tak ada perbedaan dengan diesel biasa

12-20 Juli nanti. Melalui rute Atambua, Nusa Tenggara Timur, hingga berakhir di Jakarta. Rencananya, be­berapa mobil akan diuji dengan menggunakan komposisi bahan bakar 100% minyak jarak, 50:50 (minyak jarak:solar) dan 100% solar.

Nah, dengan jarak tempuh 325 km, bolak-balik Jakarta-Bandung, merupakan 'simulasi' akan proses pe­ngujian nantinya. Jadi, semua pengu­jian, baik kecepatan serta performa pada mobil akan diukur. Termasuk konsumsi bahan bakar hingga peng­ujian kebisingan suara yang dihasilkan oleh mesin dengan bahan bakar yang berbeda tadi. Menurut DR Robert Manurung dari Institut Teknologi Bandung yang me­nemukan membran untuk memeras biji jarak menjadi minyak mengatakan, minyak jarak ini sudah pernah dipakai ­untuk mengubah aliran bahan bakar dari solar ke minyak jarak. Maklum, ketika mobil pertama kali dinyalakan mesin perlu 'dipancing' mengguna­kan solar terlebih dulu.

Begitu mesin menyala, sirkulasi pendingin mesin (ra­diator) digunakan sebagai pemanas untuk minyak jarak yang akan digunakan berikutnya. Begitu sudah panas, minyak jarak pun mengganti­kan solar sebagai 'minuman' mesin. Selain speed test di jalan tol, ada juga uji coba yang melibatkan peralatan khusus. Kali ini Vericom VC3000 dipa­kai untuk mengukur akse­lerasi. Baik mobil dengan ba­han bakar murni minyak jarak, 50 persen solar maupun full solar. Tentunya, hasil lebih lengkap bakal dimuat di tab­loid kesayangan Anda ini setelah Jatropha Expedition dilakukan nanti. Wuzz...,

jangan heran kalau setelah disalip Anda pengin makan!

Ben Otomotif benny@gramedia-majalah.com

Chevy Captiva : Geneva or Jakarta Motor Show ????

Is this possible...? An image already from the Jakarta International Auto Show...?

We will have to see at the end of July, won't we?








Chevy Captiva : Specifications (UK)

Thursday, June 29, 2006

Captiva Testdrive with Seven on board

We could have brought the bicycles with us to do a bit of cycling along the way. But we had preferred it more traditional, a picnic. this choice was made to enable us to evaluate the cars flexibility with respect to the use of the rear seating as a dining area . we did not do this purely from professional considerations but also due to the somber weather forecast which caused us to cancel previous plans.

Sitting in the back seat of the car, we had the opportunity to better check out the possibilities
offered to the occupants of the second row. After the weather cleared we tried out all the different seating arrangements possible.



Read the full story (in French)

Wednesday, June 21, 2006

GM Daewoo Boosts Production


South Korea's third-largest automaker GM Daewoo has started two-shift operations at its second plant in Bupyong near Seoul to meet rising demand for its first sport-utility vehicle, the Winstorm, and its mid-size Tosca passenger car.

The two-shift operations, coming after the rehiring of the automaker's fired workers, signals that the automaker is on the right track now following GM's takeover of then-bankrupt Daewoo Motor in October 2002.

The daily production capacity of Bupyong's second plant will rise to 620 units from 310 units as the automaker is trying to meet rising sales in North America, Europe, Asia-Pacific countries and the Middle East.

The SUV will be sold overseas as the "Captiva" by Chevrolet and Holden. With CKDs to ChinaMiddle East counted, GM Daewoo exports more than 90 percent of its vehicles. and the

This year, GM Daewoo expects to sell a total of 1.5 million vehicles from last year's 1.15 million in 2005.

Bupyong's second plant has been on one-shift operations since August 1999 while other plants, including those in Gunsan, Changwon and Bupyong's number-one plant in South Korea, have been on two-shift operations.

- Peter Chang at www.thecarconnection.com -

Testing the Chevy Captiva : Diesel's latest Glory

We have been waiting for it, and here it finally is :
A diesel engine in a Chevrolet. Everything comes to those that wait. But it certainly was about time.

GM developed a totally new engine for this Korean. It exists of a second generation, 4-cylinder, common rail diesel of the same generation as the second generation variable geometry turbo. Production started in March this year in Gunsan, South-Korea.


Original text (French)...
If you are interested in a further translation of the original text, don't hesitate to leave me a comment.

Monday, June 19, 2006

The 24hrs of Lemans : The Corvette myth


Sunday 18 june 2006 - 17h28
2004, 2005, 2006... Corvette doesn't stop to decisively conquer the laurels at the 24 Hours of LeMans.

To read the full article ...

Chevy Captiva telah tiba (Bahasa Perancis)


Atterrissage à Poprad, en Slovaquie, pour découvrir la Chevrolet Captiva en mettant le cap sur Zakopane en Pologne. La grande nouveauté avec cette voiture, ce n’est pas tant l’arrivée d’un SUV dans la gamme, mais plutôt celle du premier moteur Diesel pour le constructeur. Enfin ! Il s’agit d’un moteur à injection directe par rampe commune d’une cylindrée de 2.0 litres avec une puissance de 150 chevaux. Ceci dit, en présentant un véhicule de loisirs, Chevrolet s'attaque à une clientèle qui n'aurait jamais poussé les portes d'un showroom Daewoo.

Continue...

Wednesday, June 14, 2006

Chevy Concept : Outdoing Aston?







Is this in answer to the Aston Martin or the Maserati Quattroporte?
One thing is sure, this baby could most definitely get people excited.